Templat:Portalkimia

Portal Kimia

Templat:Portalkimia/box-header

Kimia
Kimia

Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia") atau Alchemy dalam bahasa Inggris adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom.

Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.

Templat:Portalkimia/box-footer

Templat:Portalkimia/box-header

Golongan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
Logam alkali Logam alkali tanah Pniktogen Kalkogen Halogen Gas Mulia
Periode

1

2
Boron
5
Fluor
9
Neon
10
3
Argon
18
4
Besi
26
Nikel
28
Seng
30
Arsen
33
5
Perak
47
Timah
50
Iodin
53
Xenon
54
6 1 asterisk
Emas
79
Raksa
80
Radon
86
7 2 asterisks
1 asterisk
Serium
58
Erbium
68
Tulium
69
 
2 asterisks  

itam=padek hijau=caia merah=gas abu-abu=indak dikatahui
Primordial Hasil peluruhan Sintetis
Logam Metaloid Nonlogam Sifat
kimia
indak dikatahui
Logam alkali Logam alkali tanah [[Lantanida|LanTemplat:Shytanida]] Aktinida Logam transisi Logam pasca-​transisi Nonlogam poliatomik Nonlogam diatomik Gas mulia
Templat:Portalkimia/box-footer