Saleh Sjarif Boestaman (Saleh Syarif Bustaman) atau nan disabuik sabagai Raden Saleh adalah seorang palukih Hindia Belanda beretnis Arab-Jawa nan manjadi pionir seni modern Indonesia (saik itu Hindia Belanda). Lukisannyo marupakan papaduan Romantisisme nan tangah populer di Eropa saik itu nan elemen-elemen nan manunjuakkan lata beaakang Jawa si palukih.[4]

Raden

Saleh Sjarif Boestaman
"Potret Raden Saleh Syarif Bustaman", oleh Carl Johann Baehr, sekitar 1840
Lahia
Saleh Sjarif Boestaman

1807[1][2] atau 1811[3]
Semarang, Hindia Belanda
ManinggaApril 23, 1880
Buitenzorg, Hindia Belanda
Resting placeBogor, Jawa Barat, Indonesia
KarojoPelukis
Taun aktif1829 - 1880
PasanganRaden Ayu Danudirdja
Urang tuoSayyid Husen bin Alwi bin Awal bin Yahya
Mas Adjeng Zarip Husen
Rumah Raden Saleh di Batavia tahun 1875-1885; sekarang sudah menjadi Rumah Sakit Primaya Pusat Gereja Indonesia Cikini.

Maso ketek suntiang

 

Raden Saleh dilahiakan dalam sabuah kaluarga Jawa ningrat.inyo iolah cucu dari Sayyid Abdoellah Boestaman dari sisi amaknyo. Apaknyo iolah Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja, seorang katurunan Arab.[5] Amaknyo banamo Mas Adjeng Zarip Hoesen, tingga di daerah Terboyo, Semarang. Sejak usia 10 tahun, inyo disarahan pamannyo, Bupati Semarang, kapado urang-urang Belanda atasannyo di Batavia. Kasanangan manggamba mulai manonjol katiko basakolah di sekolah rakyat (Volks-School).[4]

Karamahannyo bagaul mamudahkannyo masuak ka lingkungan urang Belanda dan lembaga-lembaga elite Hindia Belanda. Inyo punyo kenalannyo, Prof. Caspar Reinwardt, pendiri Kebun Raya Bogor sekaligus Direktur Pertanian, Kasenian, dan Ilmu Pengetahuan untuak Jawa dan pulau sekitarnyo, manilainyo pantas mandapet ikatan dinas di departemennya. dikaranoan di instansi itu ado palukih keturunan Belgia, A.A.J. Payen nan didatangkan dari Belanda untuak mambuet lukisan pamandangan di Pulau Jawa untuak hiasan kantor Departemen van Kolonieen di Belanda. Payen tatarik pado bakat Raden Saleh dan mambantu mangagiah bimbiangan.

Payen, inyo indak manonjol di kalangan ahli seni lukih di Belanda, tatapi mantan mahaguru Akademi Senirupa di Doornik, Belanda, iko cukuik mambantu Raden Saleh mandalami seni lukis Barat dan baraja teknik pambuekannyo, misalnyo malukih jo cat minyak. Payen juo maajak pemuda Saleh dalam perjalanan dinas kaliliang Jawa mancari mode pamandangan untuak lukisan. Inyo pun manugaskan Raden Saleh manggamba mode-mode urang Indonesia di daerah nan disinggahi.

Anak didiaknyo punyo bakaik nan lua biaso, mangkonyo Payen mangusulkan supayo Raden Saleh amuah baraja ka Belanda. iko didukuang dek Gubernur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen nan mamarintahan waktu itu (1819-1826), salapeh inyo mancaliak karya Raden Saleh.

PadoTahun 1829, katiko basamoan jo patahnyo palawanan Pangeran Diponegoro oleh Jenderal Hendrik Merkus de Kock, Capellen mambiayai Saleh baraja ka Belanda. Namun, kaberangkatannyo itu manyandang misi lain. Dalam suret seorang pejabat tinggi Belanda untuak Departemen van Kolonieen tatulih, salamo pajalanan ka Belanda Raden Saleh batugas maaja Inspektur Keuangan Belanda de Linge tentang adaik-istiadaik jo kebiasaan urang Jawa, Bahasa Jawa, jo Bahasa Melayu. Iko manunjuakkan kapandaian lain Raden Saleh.

Baraja ka Eropa suntiang

 
Foto studio Raden Saleh di Batavia, 1872.
 
Foto studio istri Raden Saleh dan pembantunya di Batavia (sekitar tahun 1860-1872).

Duo tahun patamo di Eropa inyo pakai untuak mampadalam bahaso Belanda dan baraja teknik mancetak manggunokan batu. Sadangkan soal melukih, salamo limo tahun pertamo, inyo baraja malukih potret dari Cornelis Kruseman dan tema pamandangan dari Andries Schelfhout karano karya inyo mamanuhi salero dan mutu raso seni urang Belanda katiko itu. Krusseman adalah palukih istana nan acok manarimo pasanan pemerintah Belanda dan keluarga kerajaan.

Raden Saleh manjadi ancak mamiliah seni lukih sabagai jalur hiduik. Inyo mulai dikana urang, malah dapek bapameran di Den Haag dan Amsterdam. Mancaliak lukisan Raden Saleh, masyarakat Belanda takajuik. Urang tu indak manyangko seorang palukih muda dari Hindia dapek menguasai teknik dan manangkok watak seni lukis Barat.

katiko maso baraja di Belanda alah abih, Raden Saleh maminta pamohonan supayo buliah tingga labiah lamo untuak baraja "wis-, land-, meet- en werktuigkunde (ilmu pasti, ukur tanah, dan pesawat), selain malukih. Dalam rapeknyo antara Menteri Jajahan, Raja Willem I (1772-1843), dan pemerintah Hindia Belanda, inyo buliah manunda kapulangan ka Indonesia. Tapi beasiswa dari kas pemerintah Belanda dihentikan.

Saik pemerintahan Raja Willem II (1792-1849) inyo mandapekan dukungan sarupo. Barapo tahun abis tu, inyo dikirim ka lua nagari untuak manambah ilmu,[6] misalnyo Dresden, Jerman. Di siko inyo tingga salamo limo tahun jo status tamu kehormatan Kerajaan Jerman, dan diteruskan ke Weimar, Jerman (1843). Inyo baliak ka Belanda tahun 1844. Salanjuiknyo inyo manjadi palukih istana kerajaan Belanda.

Wawasan seninyo manjadi bakambang seiriang kekaguman pado karya tokoh romantisme Ferdinand Victor Eugene Delacroix (1798-1863), palukih Prancis legendaris. Inyo pun terjun ka dunio palukihan hewan nan dipertemukan jo sipek agresif manusia. Mulailah pangambaraannyo ka banyak tampekt, untuak menghayati unsur-unsur dramatika nan inyo cari.

Saaik di Eropa, inyo manjadi saksi mato revolusi Februari 1848 di Paris, nan amuah indak amuah mamangaruhi dirinyo. Dari Prancis inyo basamo palukih Prancis kenamaan, Horace Vernet, ka Aljazair untuak tingga sealamo babarapa bulan pada tahun 1846. Di kawasan ikolah lahia ilham untuak malukih kahidupan satwa di padang pasir. Pengamatannya itu manghasilkan sajumlah lukisan perkelahian satwa buas dalam bantuak pigura-pigura gadang. Nagari lain nan inyo kunjungi: Austria dan Italia. Pengembaraan di Eropa barakhir tahun 1851 katiko inyo baliak ka Hindia basamo bininyo, wanita Belanda nan kayo rayo.

Kembali ke Hindia Belanda suntiang

 
Rumah Raden Saleh di Batavia tahun 1875-1885 (sekarang menjadi bagian dari Rumah Sakit PGI Cikini)

Saleh kembali ke Hindia Belanda pada 1852 setelah 20 tahun menetap di Eropa. Dia bekerja sebagai konservator lukisan pemerintahan kolonial dan mengerjakan sejumlah portret untuk keluarga kerajaan Jawa, sambil terus melukis pemandangan. Namun dari itu, ia mengeluhkan akan ketidaknyamanannya di Jawa. "Di sini orang hanya bicara tentang gula dan kopi, kopi dan gula" ujarnya di sebuah surat. Saleh membangun sebuah rumah di sekitar Cikini yang didasarkan istana Callenberg, di mana ia pernah tinggal saat berada di Jerman. Dengan taman yang luas, sebagian besarnya dihibahkan untuk kebun binatang dan taman umum pada 1862, yang tutup saat peralihan abad. Pada 1960, Taman Ismail Marzuki dibangun di bekas taman tersebut, dan rumahnya sampai sekarang masih berdiri sebagai Rumah Sakit PGI Cikini.

Pada 1867, Raden Saleh menikahi gadis keluarga ningrat keturunan Kraton Yogyakarta bernama Raden Ayu Danudirja dan pindah ke Bogor, dimana ia menyewa sebuah rumah dekat Kebun Raya Bogor yang berpemandangan Gunung Salak. Di kemudian hari, Saleh membawa istrinya berjalan-jalan ke Eropa, mengunjungi negeri-negeri seperti Belanda, Prancis, Jerman, dan Italia. Namun istrinya jatuh sakit saat di Paris, sakitnya masih tidak diketahui hingga sekarang, dan keduanya pun pulang ke Bogor. Istrinya kemudian meninggal pada 31 Juli 1880, setelah kematian Saleh sendiri 3 bulan sebelumnya.

Lukisan suntiang

Tokoh romantisme Delacroix dinilai memengaruhi karya-karya berikut Raden Saleh yang jelas menampilkan keyakinan romantismenya. Saat romantisme berkembang di Eropa di awal abad 19, Raden Saleh tinggal dan berkarya di Prancis (1844 - 1851).

Ciri romantisme muncul dalam lukisan-lukisan Raden Saleh yang mengandung paradoks. Gambaran keagungan sekaligus kekejaman, cerminan harapan (religiusitas) sekaligus ketidakpastian takdir (dalam realitas). Ekspresi yang dirintis pelukis Prancis Gerricault (1791-1824) dan Delacroix ini diungkapkan dalam suasana dramatis yang mencekam, lukisan kecoklatan yang membuang warna abu-abu, dan ketegangan kritis antara hidup dan mati.

Lukisan-lukisannya yang dengan jelas menampilkan ekspresi ini adalah bukti Raden Saleh seorang romantisis. Konon, melalui karyanya ia menyindir nafsu manusia yang terus mengusik makhluk lain. Misalnya dengan berburu singa, rusa, banteng, dll. Raden Saleh terkesan tak hanya menyerap pendidikan Barat tetapi juga mencernanya untuk menyikapi realitas

di hadapannya. Kesan kuat lainnya adalah Raden Saleh percaya pada idealisme kebebasan dan kemerdekaan, maka ia menentang penindasan.

Penangkapan Diponegoro suntiang

 
"Penangkapan Pangeran Diponegoro" karya Raden Saleh (1857).
 
"Penyerahan Diri Diponegoro" karya Nicolaas Pieneman (1835).

Raden Saleh terutama dikenang karena lukisan historisnya, Penangkapan Pangeran Diponegoro,[7] yang menggambarkan peristiwa pengkhianatan pihak Belanda kepada Pangeran Diponegoro yang mengakhiri Perang Jawa pada 1830. Sang Pangeran dibujuk untuk hadir di Magelang untuk membicarakan kemungkinan gencatan senjata, tetapi pihak Belanda tidak memenuhi jaminan keselamatannya, dan Diponegoro pun ditangkap.

Pada waktu Saleh, peristiwa tersebut telah dilukis oleh pelukis Belanda Nicolaas Pieneman dan dikomisikan oleh Jenderal de Kock. Diduga Saleh melihat lukisan Pieneman tersebut saat ia tinggal di Eropa. Seakan tidak setuju dengan gambaran Pieneman, Raden memberikan sejumlah perubahan signifikan pada lukisan versinya; Pieneman menggambarkan peristiwa tersebut dari sebelah kanan, Saleh dari kiri. Sementara Pieneman menggambarkan Diponegoro dengan wajah lesu dan pasrah, Saleh menggambarkan Diponegoro dengan raut tegas dan menahan amarah. Pieneman memberi judul lukisannya Penyerahan Diri Diponegoro, Saleh memberi judul Penangkapan Diponegoro. Diketahui bahwa Saleh sengaja menggambar tokoh Belanda di lukisannya dengan kepala yang sedikit terlalu besar agar tampak lebih mengerikan.[7]

Perubahan-perubahan ini dipandang sebagai rasa nasionalisme pada diri Saleh akan tanah kelahirannya di Jawa. Hal ini juga dapat terlihat pada busana pengikut Diponegoro. Pieneman sendiri tidak pernah ke Hindia Belanda, dan karena itu ia menggambarkan pengikut Diponegoro seperti orang Arab.[7] Gambaran Saleh cenderung lebih akurat, dengan kain batik dan blangkon yang terlihat pada beberapa figur. Saleh juga menambahkan detail menarik, ia tidak melukiskan senjata apapun pada pengikut Diponegoro, bahkan keris Diponegoro pun tidak ada. Ini menunjukkan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada bulan Ramadhan, karena itu Pangeran dan pengikutnya datang dengan niat baik.

Setelah selesai dilukis pada 1857, Saleh mempersembahkan lukisannya kepada Raja Willem III di Den Haag. Penangkapan Pangeran Diponegoro baru pulang ke Indonesia pada 1978. Kepulangan lukisan tersebut merupakan perwujudan janji kebudayaan antara Indonesia-Belanda pada 1969, tentang kategori pengembalian kebudayaan milik Indonesia yang diambil, dipinjam, dan dipindahtangan ke Belanda pada masa lampau. Namun dari itu, lukisan Penangkapan tidak termasuk ketiga kategori tersebut, karena sejak awal Saleh memberikannya kepada Raja Belanda dan tidak pernah dimiliki Indonesia. Lukisan tersebut akhirnya diberikan sebagai hadiah dari Istana Kerajaan Belanda dan sekarang dipajang di Istana Negara, Jakarta.[7]

Peringatan dan penghargaan suntiang

Selama hidupnya, banyak pejabat dan bangsawan Eropa yang mengagumi Raden Saleh. Lukisannya dipesan oleh tokoh-tokoh seperti bangsawan Sachsen Coburg-Gotha, keluarga Ratu Victoria, dan sejumlah gubernur jenderal seperti Johannes van den Bosch, Jean Chrétien Baud, dan Herman Willem Daendels. Tak sedikit pula yang menganugerahinya tanda penghargaan, di antaranya terdapat bintang Ridder der Orde van de Eikenkoon (R.E.K.), Commandeur met de ster der Frans Joseph Orde (C.F.J.), Ksatria Orde Mahkota Prusia (R.K.P.), dan Ridder van de Witte Valk (R.W.V.).

Pada tahun 1883, diadakan pameran lukisan Raden Saleh di Amsterdam untuk memperingati tiga tahun wafatnya Saleh, atas prakarsa Raja Willem III dan Ernst dari Sachsen-Coburg-Gotha. Di antaranya terdapat lukisan Hutan Terbakar, Berburu Kerbau di Jawa, dan Penangkapan Pangeran Diponegoro

Sedangkan penghargaan dari pemerintah Indonesia diberikan pada tahun 1969 lewat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan secara anumerta, berupa Piagam Anugerah Seni sebagai Perintis Seni Lukis di Indonesia. Wujud perhatian lain adalah, pembangunan ulang makamnya di Bogor yang dilakukan oleh Ir. Silaban atas perintah Presiden Soekarno, sejumlah lukisannya dipakai untuk ilustrasi benda berharga negara, misalnya akhir tahun 1967, PTT mengeluarkan prangko seri Raden Saleh dengan reproduksi dua lukisannya.

Pada tahun 2008, sebuah kawah di planet Merkurius dinamai darinya.[8][9]

Galeri karya suntiang

Rujuakan suntiang

  1. Raden Saleh: The Romantic AristocratArchived 27 November 2019 di Wayback Machine.
  2. Versi lain Archived 13 October 2008[Date mismatch] di Wayback Machine. menyebutkan 1811.
  3. "Prince Raden Saleh: Aristocrat, Artist, Scientist and Patriot". Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Februari 2012. Diakses tanggal 4 Juni 2013. 
  4. a b Setyaningrum, Puspasari (23 Januari 2022). Setyaningrum, Puspasari, ed. "Biografi Singkat Raden Saleh dan Makna Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro". Kompas.com (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 5 Juni 2022. 
  5. Algadri, Hamid (1994). Dutch Policy against Islam and Indonesians of Arab Descent in Indonesia. Jakarta, Indonesia: LP3ES. p. 187. ISBN 979-8391-31-4. http://books.google.com/books?id=kGJwAAAAMAAJ&q=raden+saleh+bustaman&dq=raden+saleh+bustaman&hl=en&ei=p9y5TaDnKOXdiAKunJAV&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CDEQ6AEwAA. Diakses pado 28 April 2011. 
  6. "Pengembaraan Raden Saleh ke Eropa dan Pemikiran Tentang Bangsanya - Semua Halaman - National Geographic". nationalgeographic.grid.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 5 Juni 2022. 
  7. a b c d National Geographic. "Pionir di Celah Dua Loka" (2012), h.26
  8. "New Names for a Second Set of Craters on Mercury". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2013. Diakses tanggal 23 Oktober 2011. 
  9. "New Names for a Second Set of Craters on Mercury". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2013. Diakses tanggal 23 Oktober 2011. 

Pranala luar suntiang