Bahaso lain: Minang
Wiki1001TokohMinang
Wiki1001TokohMinang

Banyak orang Minang yang menjadi tokoh ternama di panggung nasional. Ada yang menjadi pengusaha, politikus, dokter, diplomat, ilmuwan, perwira tinggi TNI/Polri, guru besar di kampus ternama, artis, seniman, wartawan, penulis, ahli, olahragawan, sampai mereka yang memegang jabatan di pemerintahan.

Selain di Indonesia, tokoh Minang tersebar dan punya pengaruah pula di negara-negara tetangga, terutama di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Filipina. Tidak sedikit pula orang Minang yang menorehkan kiprah di negara lain di seberang benua.

Wiki1001TokohMinang merupakan kompetisi atau tantangan menulis di laman Wikipedia bahasa Minangkabau yang fokus pada biografi tokoh Minang serta membuat datanya tersedia dan lengkap di Wikidata. Melalui kompetisi ini, diharapkan mutu dan jumlah artikel di Wikipedia bahasa Minangkabau meningkat dan tersedianya basis data tokoh Minang di Wikidata sehingga dapat diakses oleh lebih banyak orang tanpa adanya kendala dari segi bahasa.


Peserta yang memenangkan kompetisi ini mendapatkan hadiah sebagai berikut:

Paringkek Chromebook + sertifikat + bingkisan suvenir.
Paringkek Chromebook + sertifikat + bingkisan suvenir.
Paringkek Voucher senilai Rp500.000 + sertifikat + bingkisan suvenir.
Paringkek Voucher senilai Rp400.000 + bingkisan suvenir.
Paringkek Voucher senilai Rp300.000 + bingkisan suvenir.
Paringkek Voucher senilai Rp250.000 + bingkisan suvenir.
Paringkek Voucher senilai Rp200.000 + bingkisan suvenir.
Paringkek hingga Voucher senilai Rp50.000 + bingkisan suvenir.

Katantuan

Tantangan ini bersifat individu atau perorangan.
Peserta wajib menaati kebijakan ruang ramah acara Wikimedia Indonesia.
Peserta merupakan WNI dan berdomisili di Indonesia.
Berusia minimal 17 tahun saat kompetisi dimulai (per 1 Desember 2023).
Peserta tidak dapat mengikuti tantangan ini, apabila:

Merupakan staf, konsultan, pengurus, pengawas Wikimedia Indonesia, Wikimedia Foundation, dan afiliasi Wikimedia lainnya;
Merupakan penerima Dana Wiki Wikimedia Indonesia yang sedang aktif;
Merupakan penerima beasiswa daring atau dukungan laptop dan internet Wikimedia Indonesia yang belum menyelesaikan kewajibannya;
Merupakan pemenang utama kompetisi yang diadakan Wikimedia Indonesia dalam tiga tahun terakhir.
Jumlah suntiangan di Wikipedia bahaso Minangkabau atau Wikidata lebih dari 1.000.
Diblokir di situs proyek Wikimedia.

Panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta, apabila mengganggu kelancaran kompetisi ini.
Kebijakan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
Apabila peserta mengalami kesulitan dalam hal teknis maupun kebijakan, silakan menghubungi panitia melalui alamat surel padang@wikimedia.or.id

Syaraik jo Katantuan Artikel

Kompetisi ini berlangsung di Wikipedia bahasa Minangkabau dan Wikidata. Anda boleh memilih untuk berkontribusi di Wikipedia bahasa Minangkabau saja, Wikidata saja, atau berkontribusi di keduanya.

Ketentuan di Wikipedia bahasa Minangkabau

Artikel bertema tokoh Minangkabau.
Jika membuat artikel baru, minimal bitanya adalah 7.500. Jika mengembangkan artikel, minimal bitanya adalah 4.000.
Setiap pembuatan atau pengembangan artikel wajib mencantumkan referensi.
Tidak melakukan plagiarisme. Salin tempel tanpa parafrase adalah bentuk plagiarisme. Menerjemahkan secara langsung dari sumber yang tidak bebas juga termasuk plagiarisme. Artikel yang terindikasi plagiarisme akan ditolak oleh panitia.
Artikel ditulis mengikuti pedoman kebijakan dan gaya Wikipedia. Artikel Wikipedia hendaknya dimulai dengan definisi dan deskripsi yang jelas, ditulis dengan gaya bahasa yang deskriptif, bukan riset asli, dan bukan opini pribadi.
Artikel harus mencakup sudut pandang netral. Artikel wajib memiliki rujukan dari sumber yang kredibel dan jumlahnya memadai. Gaya penulisan harus bersifat deskriptif, bukan naratif dan bukan daftar poin ataupun daftar tabel.
Gunakan referensi sesuai dengan ketentuan berikut ini. Apabila menggunakan referensi dari situs web berita/media massa serupa, gunakan situs web yang memiliki dewan redaksi secara jelas. Wajib mencantumkan referensi pada setiap akhir paragraf. Pernyataan-pernyataan subjektif dan kontroversial harus dapat dipastikan keabsahan sumbernya.

Ketentuan di Wikidata

Kategori butir adalah:

  1. Tokoh Minang yang ditandai dengan pernyataan etnik (P172) bernilai Minangkabau (Q1130350). Daftar butir dapat dilacak melalui Wikidata Query Service: https://w.wiki/7wZE. Per 1 Desember 2023, ada 2.528 butir tokoh Minang di Wikidata.
  2. Keluarga (ayah, ibu, pasangan nikah, anak, saudara, kerabat) dari tokoh Minang, walaupun tidak memiliki pernyataan etnik bernilai Minangkabau. Contoh: Rachmi Hatta (Q12507601) yang merupakan istri dari Mohammad Hatta (Q29050). Jadi Anda dapat membuat baru atau menyunting butir mengenai keluarga dari 2.528 tokoh Minang yang ada. Lalu, tautkan ke butir tokoh terkait.
  3. Karya terkenal dari tokoh Minang. Contoh: Deru Campur Debu (Q108872662) yang ditulis oleh Chairil Anwar (Q559017). Jadi Anda dapat membuat baru atau menyunting butir mengenai karya terkenal dari 2.528 tokoh Minang yang ada. Lalu, tautkan ke butir tokoh terkait.
  4. Jabatan dari tokoh Minang. Contoh: Rektor Universitas Andalas (Q112608437) yang dijabat oleh Efa Yonnedi (Q123567150). Jadi Anda dapat membuat baru atau menyunting butir mengenai jabatan dari 2.528 tokoh Minang yang ada. Lalu, tautkan ke butir tokoh terkait.

Untuk butir kategori 1 dan 2, suntingan yang dinilai hanya:

Untuk butir kategori 3, semua suntingan dinilai kecuali penambahan label bahasa kedua, ketiga, dst... Jadi cukup buat label dalam satu bahasa saja.
Untuk butir kategori 4, suntingan yang dinilai hanya:

Dilarang melakukan penyuntingan vandal untuk memperbanyak suntingan.

Penilaian

Setiap suntingan membuat satu artikel baru di Wikipedia bahasa Minangkabau dengan minimal bita 7.500 akan mendapatkan 10 poin.
Setiap suntingan mengembangkan satu artikel di Wikipedia bahasa Minangkabau dengan minimal bita 4.000 akan mendapatkan 5 poin.
Suntingan di Wikidata dengan minimal bita 9.000 (akumulasi satu butir atau lebih) akan mendapatkan 2 poin.
Peserta mengisi formulir klaim poin melalui tautan yang tersedia.
Minimal poin dalam sekali klaim adalah 10. Jika peserta ingin mengeklaim poin dalam jumlah banyak, maka total klaim poin harus kelipatan 10.
Panitia akan memverifikasi klaim poin melalui surel. Verifikasi yang diterima akan langsung masuk dalam tabulasi. Untuk verifikasi yang ditolak sepenuhnya maupun sebagian, peserta diberikan kesempatan memperbaiki selama masa kompetisi berlangsung.
Suntingan yang tidak memenuhi ketentuan tidak akan dihitung oleh panitia.


Tanggal penting

  • Periode pendaftaran
1 Desember 2023 - 31 Desember 2023
  • Periode lomba
15 Desember 2023 - 22 Januari 2024
  • Penilaian artikel
15 Desember 2023 - 30 Januari 2024
  • Pengumuman pemenang
7 Februari 2024

Daftar Sanak! Kumpulkan suntingan di sini!