Penjedar marupokan surek kaba yang berasal dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Edisi perdana dari surek kaba iko terbit pado tanggal 1 Juli 1936 dengan judul "Penjedar: Soerat Kabar Oemoem Diterbitkan Sekali Seboelan Oentoek Sementara Waktu". Namun surek kaba ko hanyo punyo ciek edisi selamo penerbitannyo.[1]

Surek kaba Penjedar beralamatkan di Kantua Redaksi dan Administrasi di Kampung Baru, Palu. Dalam surek kaba patamonyo tertulis pemimpin dan direktur utamo adalah H.M A Intje Maka. Dibantu jo M. La Wero Dolo-Paloe. Pado bagian Administrasi di isi oleh M Lawero dan A.M Mardjoen.

Untuak pemberlakuan hargo, bagi yang berlangganan sebulan dipatok hargo 0,10 sen sebulan, 0,25 sen tigo bulan, 0,40 sen setahun. Untuak pelanggan diluar Indonesia dipatok hargo 1,25 sen.

Tulisan suntiang

Pado edisi patamo, yang bertajuk "Penjedar: Soerat Kabar oemoem diterbitkan sekali seboelan oentoek sementara waktoe" berisikan 4 halaman yang mano 3 halaman berisikan berita-berita dan 1 halaman untuk iklan. Halaman Patamo terdapat tulisan yang menjadi laporan utama surek kaba ko, yaitu "Optimisch Democratie" yang manjalehkan lebih ke arah opini penulis bukan sekedar repotase. Pada rubrik ini barisikan tentang ajakan untuk bangsa timur yang harus segera sadar jo samangaik demokrasi di tanah yang dah lamo tajajah bangsa asing. Selanjutnyo pado bagian halaman keduo, terdapat salam redaksi. Untuak halaman selanjutnyo berisikan berita-berita dan iklan.

Perkembangan Terkini suntiang

Surek kaba penjedar hanya bertahan hingga tahun 1938. [2]

Rujuakan suntiang

  1. Rahzen, Taufik (2007). Seabad Pers Kebangsaan (1907-2007). Jakarta: I:BOEKOE. pp. 478. ISBN ISBN 978-979-1436-02-1. 
  2. "Horas Siregar: Salah Seorang Pionir Pers Sulteng". jefriantogie.blogspot.com. Diakses tanggal 2023-02-18.