Pangguno:Fuadi Zikri/Aji Padang

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang bekerja sama dengan Wikimedia Indonesia (WMID) menggelar pelatihan menulis di Wikibuku, salah satu proyek dari Wikimedia. Pelatihan ini menghadirkan narasumber utama, Syofiardi Bachyul JB (Jurnalis, Penulis, dan editor). Selain itu juga akan ada pemateri dari Wikimedia Indonesia mengisi pengenalan seputar Wikibuku.

Pada pelatihan ini, peserta secara bersama-sama akan menulis karya deskriptif bertemakan "Permainan Tradisional di Sumatera Barat" yang nantinya akan ditayangkan di laman Wikibuku. Setiap peserta juga akan berkesempatan mengikuti lomba yang akan diadakan setelah pelatihan berlangsung dengan tiga hadiah utama laptop.

Apa itu Wikibuku? suntiang

Wikibuku adalah salah satu proyek dari Wikimedia Indonesia yang baru saja diluncurkan. Wikimedia sendiri merupakan organisasi non profit yang menaungi banyak proyek. Salah satu proyeknya yang tak asing bagi banyak orang adalah Wikipedia.

Pada Wikibuku ini, setiap orang dapat menulis buku teks, buku fiksi, maupun nonfiksi dari segala topik secara kolaboratif dan bebas. Setiap orang yang ingin berkontribusi, hanya perlu membuat akun pengguna pada laman Wikibuku yang pengguna itu juga dapat digunakan pada semua proyek Wikimedia, seperti Wikipedia, Wikidata (basis data bebas akses), Wikicommons (gudang file bebas akses), Wikisource (naskah), Wikipedia bahasa daerah, dan lainnya.

Ketentuan pelatihan suntiang

Umum suntiang

  1. Pelatihan ini digelar pada Minggu, 18 Desember 2022, pukul 10.00 - 15.00 WIB.
  2. Pelatihan ini digelar di ENHAI Soerabi Bandung GOR H Agus Salim.
  3. Pelatihan ini diselengarakan gratis.
  4. Pelatihan ini terbatas untuk 15 orang.
  5. Pelatihan ini diselenggaran secara luring atau tatap muka.
  6. Setiap peserta membawa tulisan deskriptif atau feature bertemakan "Permainan Tradisional di Sumatera Barat" (tulisan awal).
  7. Setiap peserta diharuskan membawa laptop.

Teknis suntiang

  1. Peserta dapat mendaftar melalui pranala http://bit.ly/wmid-wikilatihwikibukupadang, paling lambat 15 Desember 2022.
  2. Peserta dapat mengumpulkan karyanya melalui surel kompetisi@wikimedia.or.id sebelum 15 Desember 2022.

Narahubung suntiang

  1. Elis (Wikimedia Indonesia): 085740790267
  2. Fuadi Zikri (Aji Padang): 082391599239/WA Only