Pabedaan antaro revisi dari "Adityawarman"

Konten dihapus Konten ditambahkan
Jayrangkoto (rundiang | jariah)
←Membuat halaman berisi '{{Infobox raja |name =Adityawarman |title =Maharajo dirajo |image =200 px |caption =<small>Adityawarman sabagai Bhairawa,...'
 
Jayrangkoto (rundiang | jariah)
Tidak ada ringkasan suntingan
Barih 37:
 
'''Adityawarman''' adolah palanjuik dari Dinasti [[Mauli]] panguaso pado [[Karajaan Malayu]] nan sabalunnyo baibukota di [[Dharmasraya]], manuruik manuskrip pangukuhannyo, Adityawarman manjadi panguaso di [[Malayapura]] atau ''Kanakamedini'' pado taun 1347 nan bagala '''Maharajadiraja Srīmat Srī Udayādityawarma Pratāpaparākrama Rājendra Maulimāli Warmadewa'''<ref name="Kern1" />, nan dikamudian hari ibukota dari karajaan ko pindah ka daerah padalaman [[Minangkabau]], yaitu [[Pagaruyuang]], [[Tanah Data]].
<<!--
== Asal-Usul ==
Berdasarkan [[Prasasti Kuburajo]]<ref name="Kern2">Kern, J.H.C., (1913), ''Grafsteenopschrift van Koeboer Radja'', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde van Nederlands-Indië, p. 401–404.</ref>, Adityawarman adalah putra dari ''Adwayawarman''. Sedangkan dari [[Prasasti Bukit Gombak]] dikatakan bahwa Adityawarman adalah putra dari ''Adwayadwaja''<ref>Djafar, Hasan, (1992), ''Prasasti-Prasasti Masa Kerajaan Melayu Kuno dan Permasalahannya'', Seminar Sejarah Melayu Kuno, Jambi, 7-8 Desember 1992. Jambi: Pemerintah Daerah Tingkat I Jambi bekerjasama dengan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jambi.</ref>. Nama ayahnya ini mirip dengan nama salah seorang pejabat penting [[Kerajaan Singhasari]] (''Rakryān Mahāmantri Dyah Adwayabrahma'') yang pada tahun [[1286]] mengantar [[Arca Amoghapasa]] untuk dipahatkan di [[Kabupaten Dharmasraya|Dharmasraya]] sebagai hadiah dari [[Kertanagara]] raja Singhasari kepada [[Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa]] raja [[Melayu]].