Pabedaan antaro revisi dari "Karajaan Sriwijaya"

Konten dihapus Konten ditambahkan
k →‎top: translating using AWB
k translating using AWB
Barih 36:
* Kronik ''Tao Chih Lio'' oleh Wang Ta Yan
* Kronik ''Ling-wai Tai-ta'' oleh Chou Ku Fei
* Kronik ''Ying-yai Sheng-lan'' oleh Ma Huan
 
=== Batu basurek berbahasa Melayu Kuno ===
Barih 45:
* [[Batu basurek Karang Brahi]] abad ke-7 Masehi di [[Jambi]]
* [[Batu basurek Kota Kapur]] tanggal [[28 Pebruari]] [[686]] Masehi di P. [[Bangka]]
* [[Batu basurek Sojomerto]] abad ke-7 Masehi di [[Kabupaten Batang]], [[Jawa Tengah]]
 
== Pembentukan dan pertumbuhan ==
Barih 52:
| last =Taylor | title =Indonesia| pages = hal. 29}}</ref> Ujarnya [[Batu basurek Kedukan Bukit]], kekaisaran Sriwijaya didiriakan oleh Dapunta Hyang Çri Yacanaca (Dapunta Hyang Sri Jayanasa). Sidin memimpin 20.000 tentara (terutama tentara darat dan beberapa ratus kapal) dari Minanga Tamwan ke [[Palembang]], [[Jambi]], dan [[Bengkulu]].
 
Kerajaan ini negara maritim nang jadi pusat perdagangan. Negara ini kada tapi banyak melakukan perluasan wilayah, palingan di [[Asia Tenggara]] aja. Sekitar taun 500, akar Sriwijaya mulai berkembang di wilayah sekitar [[Palembang]], [[Sumatra]]. Kerajaan ini terdiri atas tiga zona utama - daerah ibukota muara nang pusatnya di Palembang, lembah Sungai Musi nang berfungsi sebagai daérah pendukung dan daérah-daérah muara saingan nang kawa jadi pusat kekuasaan saingan. Wilayah hulu sungai Musi sughi, banyak komoditas nang berharga gasan pedagang Cina.<ref>{{Cite book |last=Munoz|title=Early Kingdoms |pages=p. 113}}</ref>
 
Ibukota diperintah langsung oleh penguasa, sementara daerah pendukung tetap diperintah oleh [[datu]] setempat. Makanya kerajaan ini dalam buku Coedés dikiau jua '''"Kedatuan"''' karena sifatnya nang lebih sebagai negara federasi longgar, di mana masing-masing datu berkuasa di daerah otonominya.
Barih 70:
Biar catatan sejarah dan bukti arkeologi jarang ditamuakan, tapi ujarnya di abad ke-7, Sriwijaya sudah melakukan kolonisasi atas semunyaan Sumatra, Jawa Barat, lawan beberapa daerah di semenanjung Melayu. Dominasi atas [[Selat Malaka]] dan [[Selat Sunda]], maulah Sriwijaya jadi pengendali jalur perdagangan rempah dan perdagangan setempat. Sriwijaya mengenai biaya atas setiap kapal nang lewat. Palémbang mengumpulakan kesugihannya sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan nang melayani pasar Cina, Nusantara, dan India.
 
Kerajaan Jambi jadi kekuatan pertama nang jadi saingan Sriwijaya nang akhirnya dapat ditaklukakan pada abad ke-7 dan ke-9. Di Jambi, pertambangan emas jadi sumber ekonomi cukup penting dan kata Suwarnadwipa (pulau emas) mungkin merujuk pada hal ini. Kerajaan Sriwijaya gén membantu menyebarakan kebudayaan Melayu ke seluruh Sumatra, [[Semenanjung Melayu]], dan pesisir Kalimantan. Pada abad ke-11 pengaruh Sriwijaya mulai menyusut. Hal ini ditandai rancak muncul konflik lawan kerajaan-kerajaan Jawa, pertama lawan [[Singasari]] dan imbah itu lawan [[Majapahit]]. Di akhir masa, pusat kerajaan pindah dari Palembang ke Jambi.
 
Mula-mula, Kerajaan Khmer gén jadi daerah jajahan Sriwijaya jua. Ada jua sejarawan nang mengklaim bahwa Chaiya, di provinsi Surat Thani, Muangthai sebagai ibu kota terakhir Sriwijaya, tapi klaim tersebut kadada dasarnya. Pengaruh Sriwijaya kelihatan di bangunan [[pagoda]] Borom That nang bergaya Sriwijaya. Setelah Sriwijaya gugur, Chaiya terbagi menjadi talu butingan kota yaitu (Mueang) Chaiya, Thatong (Kanchanadit) dan Khirirat Nikhom.
 
Sriwijaya gén baisi hubungan nang rakat lawan Kerajaan Pala di Benggala, dan sebuah batu basurek tertahun 860 mencatat Raja Balaputra mempersembahkan biara gasan Universitas Nalada, Pala. Hubungan lawan wangsa [[Chola]] di India selatan cukup baik tapi jadi buruk imbah terjadi peperangan di abad ke-11.
Barih 98:
 
== Pengaruh budaya ==
Kerajaan Sriwijaya banyak dipengaruhi budaya [[India]], pertama oleh budaya agama [[Hindu]] dan kemudian diikuti pula oleh agama [[Buddha]]. Agama Buddha diperkenalkan di Srivijaya pada taun [[425]] Masehi. Sriwijaya merupakan pusat terpenting agama [[Buddha Mahayana]]. Raja-raja Sriwijaya menguasai kepulauan Melayu melewati perdagangan dan penaklukkan dari kurun [[abad ke-7]] hingga [[abad ke-9]].
 
Pada masa nan sama, agama [[Islam]] memasuki Sumatra melalui Aceh nan telah tersebar melalui hubungan jo pedagang Arab dan India. Pada taun [[1414]] pangeran terakhir Sriwijaya, [[Parameswara]], memeluk agama [[Islam]] dan berhijrah ke Semenanjung Malaya dan mendirikan [[Kesultanan Melaka]].