Pabedaan antaro revisi dari "Urang Nieh"

7 bita dihapus ,  1 tahun yang lalu
k
clean up, replaced: berasal → barasa (7) using AWB
k (clean up, replaced: yang → nan (47) using AWB)
k (clean up, replaced: berasal → barasa (7) using AWB)
=== Mitologi ===
[[Berkas:Tari Perang Nias 3.jpg|thumb|Tari Perang]]
Menurut masyarakat Nias, salah satu mitos asal usul suku Nias berasalbarasa dari sebuah pohon kehidupan nan disebut "Sigaru Tora`a" nan terletak di sebuah tempat nan bernama "Tetehöli Ana'a". Menurut mitos tersebut di atas mengatakan kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias dimulai pada zaman Raja Sirao nan memiliki 9 orang Putra nan disuruh keluar dari Tetehöli Ana'a karena memperebutkan Takhta Sirao. Ke 9 Putra itulah nan dianggap menjadi orang-orang pertama nan menginjakkan kaki di Pulau Nias.
 
=== Penelitian Arkeologi ===
Penelitian Arkeologi telah dilakukan di Pulau Nias sejak tahun 1999 <ref>[http://www.tempo.co/read/news/2006/11/25/05888428/Jejak-Manusia-Pertama-Sumatera-Utara-Ada-di-Pulau-Nias Jejak Manusia Pertama Sumatera Utara Ada di Pulau Nias]</ref>,<ref>[http://www.kompas.com/kompas-cetak/0610/04/humaniora/3002372.htm Kompas, Rabu 4 Oktober 2006 Rubrik Humaniora]</ref>. Penelitian ini menemukan bahwa sudah ada manusia di Pulau Nias sejak '''12.000 tahun silam''' nan bermigrasi dari daratan Asia ke Pulau Nias pada masa paleolitik, bahkan ada indikasi sejak '''30.000 tahun lampau''' kata Prof. Harry Truman Simanjuntak dari Puslitbang Arkeologi Nasional dan LIPI Jakarta. Pada masa itu hanya budaya Hoabinh, Vietnam nan sama dengan budaya nan ada di Pulau Nias, sehingga diduga kalau asal usul Suku Nias berasalbarasa dari daratan Asia di sebuah daerah nan kini menjadi negara nan disebut '''Vietnam'''.
 
Penelitian genetika terbaru menemukan, masyarakat Nias, Sumatera Utara, berasalbarasa dari rumpun bangsa Austronesia. Nenek moyang orang Nias diperkirakan datang dari Taiwan melalui jalur Filipina 4.000-5.000 tahun lalu <ref>[http://mbe.oxfordjournals.org/content/early/2010/11/08/molbev.msq300 Unexpected Island Effects at an Extreme: Reduced Y Chromosome and Mitochondrial DNA Diversity in Nias]</ref>,<ref>[http://sains.kompas.com/read/2013/04/16/09081323/Asalusul.Orang.Nias.Ditemukan Asal-usul Orang Nias Ditemukan]</ref>.
 
Mannis van Oven, mahasiswa doktoral dari Department of Forensic Molecular Biology, Erasmus MC-University Medical Center Rotterdam, memaparkan hasil temuannya di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Jakarta, Senin (15/4/2013). Dalam penelitian nan telah berlangsung sekitar 10 tahun ini <ref>[http://niasonline.net/2007/03/05/merunut-asal-usul-orang-nias-berdasarkan-dnagen/ Merunut Asal-Usul Orang Nias Berdasarkan DNA/Gen]</ref>,<ref>[http://niasonline.net/2007/10/22/tidak-ada-kepentingan-komersial-dan-tidak-ada-hak-paten-nan-akan-diajukan/ Tidak Ada Kepentingan Komersial dan Tidak Ada Hak Paten Yang Akan Diajukan]</ref> Oven dan anggota timnya meneliti 440 contoh darah warga di 11 desa di Pulau Nias.
Kromosom-Y adolah pembawa sifat laki-laki. Manusia laki-laki mempunyai kromosom XY, sedangkan perempuan XX. Mitokondria-DNA (mtDNA) diwariskan dari kromosom ibu.
 
Penelitian ini juga menemukan, dalam genetika orang Nias saat ini tidak ada lagi jejak dari masyarakat Nias kuno nan sisa peninggalannya ditemukan di Goa Togi Ndrawa, Nias Tengah. Penelitian arkeologi terhadap alat-alat batu nan ditemukan menunjukkan, manusia nan menempati goa tersebut berasalbarasa dari masa 12.000 tahun lalu.
 
”Keragaman genetika masyarakat Nias sangat rendah dibandingkan dengan populasi masyarakat lain, khususnya dari kromosom-Y. Hal ini mengindikasikan pernah terjadinya bottleneck (kemacetan) populasi dalam sejarah masa lalu Nias,” katanya.
''Lihat pula: [[Daftar marga Nias]]''
 
Suku Nias menerapkan sistem marga mengikuti garis ayah (patrilineal). Marga-marga umumnya berasalbarasa dari kampung-kampung pemukiman nan ada.
 
== Khas Nias ==
 
=== Minuman ===
* Tuo nifarö (minuman nan berasalbarasa dari air sadapan pohon nira (dalam bahasa Nias "Pohon Nira" = "töla nakhe") nan telah diolah dengan cara penyulingan)
* Tuo mbanua (minuman tuak mentah nan berasalbarasa dari air sadapan pohon kelapa atau pohon nira nan telah diberi 'laru' berupa akar-akar tumbuhan tertentu untuk memberikan kadar alkohol)
 
== Budaya Nias ==