Pabedaan antaro revisi dari "Wikipedia:Jan manyarang pribadi"

Konten dihapus Konten ditambahkan
Adhmi (rundiang | jariah)
←Mambuek laman baisi "{{padoman|pinteh=WP:SERANG|WP:NPA}} '''Jaan pernah melakuan sarangan pribadi di Wikipedia'''. Bakomentarlah untuak isi, indak ka kontributor. Sarangan pribadi ind..."
 
Adhmi (rundiang | jariah)
Tidak ada ringkasan suntingan
Barih 4:
Samo sakali indak ado alasan untuak malakuan sarangan personal tarhadok saorang kontributor. '''Jaan lakuan'''.
 
== KonsekuensiDampak akibaik ==
 
Pasiliasihan di halaman diskusi akan bisa diliek dek siapopun nan dapek mangakses Internet. Parilaku dunsanak di Wikipedia akan badampak pado Wikipedia dan dunsanak sandiri. [[Wikipedia:Tetap dingin|Tetaplah tenang]].
Barih 11:
 
<!--Abusive edit summaries are particularly ill-regarded.-->
== BapikiranBapikieran sehat ==
 
Para kontributor mungkin indak sapakaik manganai sabuah artikel. Anggota komunitas nan basabarangan mungkin ingin manyuaroan isi hati nyo. Manyatuan babagai pandangan iko ka dalam ciek artikel, akan manghasilkan sabuah tulisan nan lebih rancak dan [[Wikipedia:Suduik pandang netral|labiah netral]] bagi kasado urang. Ingeklah untuak manarimo bahwa kito sadono tagabuang dalam satu komunitas gadang, kareno kito adolah wikiwan dan wikiwati.
 
== Contoh ==
BeberapaBabarapo contoh dari serangansarangan pribadi:
* Komentar-komentar yang bersifatnan menuduhbasifaik sepertimanuduah misalnyacontohnyo "Budi itu kampungan" atau "Wati adalah penyunting yang bodoh" dapatdapek dianggap sebagaisabagai serangansarangan terhadaptarhadok pribadi bilabilo dikatakandikacekan denganjo niatniek burukburuak atau untukuntuak menyulutmamanciang pertengkaranpakalahian.
* Komentar-komentar pribadi seperti misalnyamisalnyo "Tulisan saya lebih baik daripada tulisan anda" atau "Apakah anda tidak ada kesibukan lain?".
* Melontarkan julukan-julukan yangnan bersifatbarsifaik SARA yangnan ditujukanditujuan terhadapkapado kontributor lain. Julukan yangnan menyinggungmanyingguang SARA tidakindak diperbolehkandipabuliehan walaupun jikajiko yangnan melontarkanmalontarkan julukan itu adalahadolah termasuktamasuak atau berasalbarasa dari kelompokkalompok yangnan dijulukinyadijulukinyo sendirisurang.
* MengaitMengaik-ngaitkanngaikan afiliasi seseorangsasaorang sebagaisabagai caracaro untukuntuak merendahkanmarandahan atau menyalahkanmanyalahan pandangan yangnan diutarakannyadiutarokannyo, terlepastalapeh dari apakahapokah afiliasi tersebuttasabuik berkaitbakaik denganjo hal-hal yangnan lazim atau ekstrim.
* PenggunaanPanggunoan katakato-katakato kasarkasa terhadaptarhadok kontributor lain.
* Ancaman untukuntuak mengajukanmangajuan tuntutan hukum.
* Ancaman pembunuhanpambunuahan.
* Ancaman atau tindakan lain untukuntuak mengadukanmangadukan editor Wikipedia kepadakapado lembagalambago pemerintahpamerintah, kelompokkalompok politik, agamaagamo, dan lain sebagainyasabagainyo atau kepadakapado individuparorangan/oknum yangnan berasalbarasa dari lembagalambago atau kelompokkalompok tersebuttasabuik. BilaBilo ditemukanditemuan pelanggaranpalanggaran sepertisapati iniiko dapatdapek mengakibatkanmangakibaikan diblokirnyadiblokirnyo akun penggunapangguno dalam jangkajangko waktuwakatu tertentutatantu olehdek PengurusPangurus Wikipedia (Sysops) dengan segeracapek. PengurusPangurus Wikipedia (Sysops) yangnan memberikanmamberian sanksi tersebuttasebuik harus secarasacaro rahasiarahasio memberitahukanmamberitahuan kepadakepado anggota [[Wikipedia:Komite PenengahPanangah|Komite PenengahPanangah]] dan [[:en:User:Jimbo Wales|Jimmy Wales]] mengenaimanganai tindakan tersebuttasabuik besertabasarato alasannyaalasannyo.
 
== AlternatifCaro Laim ==
Labiah baiak cubolah untuak:
Lebih baik cobalah untuk:
* Bahas fakta-faktanyafaktanyo secarasacaro obyektif dan pikirkanpikiean bagaimanabagaimano caracaro untukuntuak mengutarakannyamangutarakannyo dengan baikelok, bukan membicarakanmambicarokan hal-hal pribadi dari pihak lain. Hal iniiko bukan berartibararti bahwa andadunsanak harus selalusalalu sepakatsapakaik denganjo orangurang lain, namun kitakito tentunyatantunyo dapatdapek pulapulo sepakatsapakaik untukuntuak tidakindak sepakatsapakaik secarasacaro beradabbaradaik.
* JanganJaan pernah mengatakanmangatoan bahwa suatusabuah pandangan adalahadolah tidakindak benarbatua hanyahanyo karenakarano pendapatpandapek tersebuttasabuik diutarakandiutaroan olehdek orangurang yangnan andadunsanak tidakindak sukaisukoi.
* Gali lebihlebiah dalam permasalahanpamasalahan yangnan sedangsadang dibahas padapado forum yangnan lebihlabiah tertutuptatutuik seperti misalnyamisalnyo e-mail jikajiko pembahasanpambahasan yangnan terjaditajadi berpotensibapotensi menjadimanjadi perdebatanpadebatan pribadi.
* BacaBaco lebihlabiah lanjutlanjuik [[:en:Wikipedia:Resolving disputes]]
 
== Jalan keluarkelua ==
BilaBilo andadunsanak secarasacaro pribadi diserangdisarang, andadunsanak harus meminta si penyerang untuk menghentikan serangannya dan mengingatkannya mengenai kebijakan ini. Bila serangan terus berlanjut, pertimbangkan untuk menjalankan proses resolusi perselisihan<!-- lihat saja arsip warung kopi -->. Anda dapat pula mempertimbangkan untuk menyelesaikan suatu serangan pribadi yang spesifik dengan mengikuti panduan yang ada <!-- WP:RPA ngga tau link-nya apa -->; walau demikian, anda harus sangat berhati-hati untuk tidak mengartikan "serangan pribadi" terlalu luas atau terlalu sering. Berikut ini adalah temuan yang didapatkan oleh komite penemu fakta:
* Panduan penyelesaian serangan pribadi (dan penerapannya) adalah kontroversial. Panduan tersebut seringkali disalahgunakan oleh pengguna yang berniat buruk, dan mungkin tidak akan mendapatkan konsensus dari komunitas. Panduan tersebut sebaiknya digunakan secara ketat dan hanya bila sangat mendesak diperlukan.
* Bila anda ternyata terlalu sering menggunakan cara penyelesaian seperti ini, maka anda harus mempertimbangkan kembali pengertian anda mengenai "serangan pribadi". Bila ragu-ragu, lebih baik ikuti proses resolusi perselisihan.