Pabedaan antaro revisi dari "Karajaan Sriwijaya"

Konten dihapus Konten ditambahkan
k clean up using AWB
k clean up, replaced: yang → nan (7), Februari → Pebruari, dengan → jo (4) using AWB
Barih 44:
* [[Prasasti Palas Pasemah]] abad ke-7 Masehi di [[Kabupaten Lampung Selatan|Lampung Selatan]]
* [[Prasasti Karang Brahi]] abad ke-7 Masehi di [[Jambi]]
* [[Prasasti Kota Kapur]] tanggal [[28 FebruariPebruari]] [[686]] Masehi di P. [[Bangka]]
* [[Prasasti Sojomerto]] abad ke-7 Masehi di [[Kabupaten Batang]], [[Jawa Tengah]]
 
Barih 77:
 
== Masa keemasan ==
Imbah terjadi kekacauan perdagangan di [[Kanton]] antara tahun 820 - 850, pemerintahan Jambi menyatakan diri sebagai kerajaan merdeka, mengirimakan utusan ke Cina di tahun 853 dan 871. Kemerdekaan Jambi bertepatan denganjo dirabutinya takhta Sriwijaya di Jawa denganjo diusirnya Raja Balaputradewa. Di tahun 902, raja hanyar mengirimakan upeti ke Cina. Dua tahun imbah itu raja terakhir [[Wangsa Tang]] menganugerahkan gelar kepada utusan Sriwijaya.
 
Pada palih pertama abad ke-10, diantara gugurnya Wangsa Tang dan naiknya [[dinasti Song]], perdagangan lawan luar negeri cukup marak, terutama [[Fujian]], [[Kerajaan Min]] dan negeri sugih [[Guangdong]], Kerajaan Nan Han. Kada diraguakan lagi Sriwijaya dapat keuntungan dari perdagangan ini. Pada tahun 903, penulis [[Muslim]] [[Ibn Batutah]] terkesan banar lawan kemakmuran Sriwijaya. Daérah perkotaan kerajaan meliputi Palémbang (khususnya Bukit Seguntang), [[Muara Jambi]] dan [[Kedah]].
Barih 90:
Pada tahun 1288, Singasari, penerus kerajaan Kediri di Jawa, menaklukan Palembang dan Jambi selama masa [[ekspedisi Pamalayu]]. Di tahun 1293, Majapahit pengganti Singasari, memerintah Sumatra. Raja ke-4 [[Hayam Wuruk]] memberikan tanggung jawab tersebut kepada Pangeran [[Adityawarman]], seorang peranakan [[Suku Minangkabau|Minang]] dan Jawa. Pada tahun 1377 terjadi pemberontakan terhadap Majapahit, tetapi pemberontakan tersebut dapat dipadamkan walaupun di selatan Sumatra sering terjadi kekacauan dan pengrusakan.
 
Dimasa berikutnya, terjadi pengendapan pada sungai Musi yangnan berakibat tertutupnya akses pelayaran ke Palembang. Hal ini tentunya sangat merugikan perdagangan kerajaan. Penurunan Sriwijaya terus berlanjut hingga masuknya Islam ke Aceh yangnan di sebarkan oleh pedagang-pedagang Arab dan India. Di akhir abad ke-13, [[kerajaan Pasai]] di bagian utara Sumatra berpindah agama Islam.
 
Pada tahun 1402, [[Parameswara]], pangeran terakhir Sriwijaya mendirikan [[kesultanan Malaka]] di semenanjung Malaysia.
 
== Perdagangan ==
Di dunia perdagangan, Sriwijaya menjadi pengendali jalur perdagangan antara India dan Tiongkok, yakni denganjo penguasaan atas selat Malaka dan selat Sunda. Orang Arab mencatat bahwa Sriwijaya memiliki aneka komoditi seperti kamper, kayu gaharu, cengkeh, pala, kepulaga, gading, emas, dan timah yangnan membuat raja Sriwijaya sekaya raja-raja di India.
 
== Pengaruh budaya ==
Kerajaan Sriwijaya banyak dipengaruhi budaya [[India]], pertama oleh budaya agama [[Hindu]] dan kemudian diikuti pula oleh agama [[Buddha]]. Agama Buddha diperkenalkan di Srivijaya pada tahun [[425]] Masehi. Sriwijaya merupakan pusat terpenting agama [[Buddha Mahayana]]. Raja-raja Sriwijaya menguasai kepulauan Melayu melewati perdagangan dan penaklukkan dari kurun [[abad ke-7]] hingga [[abad ke-9]].
 
Pada masa yangnan sama, agama [[Islam]] memasuki Sumatra melalui Aceh yangnan telah tersebar melalui hubungan denganjo pedagang Arab dan India. Pada tahun [[1414]] pangeran terakhir Sriwijaya, [[Parameswara]], memeluk agama [[Islam]] dan berhijrah ke Semenanjung Malaya dan mendirikan [[Kesultanan Melaka]].
 
Agama Buddha aliran [[Buddha Hinayana]] dan [[Buddha Mahayana]] disebarkan di pelosok kepulauan nusantara dan Palembang menjadi pusat pembelajaran agama Buddha. Pada tahun [[1017]], [[1025]], dan [[1068]], Sriwijaya telah diserbu raja [[Chola]] dari kerajaan [[Colamandala]](India) yangnan mengakibatkan hancurnya jalur perdagangan. Pada serangan kedua tahun 1025, raja Sri Sanggramawidjaja Tungadewa ditawan. Pada masa itu juga, Sriwijaya telah kehilangan monopoli atas lalu-lintas perdagangan [[Tiongkok]]-[[India]]. Akibatnya kemegahan Sriwijaya menurun. <!-- Sembunyikan, karena meragukan (Naval Scene) [[Kerajaan Singasari]] yangnan berada di bawah naungan Sriwijaya melepaskan diri.-->Pado taun [[1088]], [[Karajaan Melayu Jambi]] nan daulunyo barado di bawah linduangan Sriwijaya, manjadian Sriwijaya nagara bawahannyo.
<!--
== Raja nang memerintah ==